Selasa, 21 Februari 2012

Sistem Keuangan



A.     PENGERTIAN SISTEM KEUANGAN
Sistem keuangan dapat diartikan sebagai kumpulan institusi, pasar, ketentuan perundangan, peraturan-peraturan, dan teknik-teknik dimana surat berharga diperdagangkan, tingkat bunga ditetapkan, dan jasa-jasa keuangan (financial services) dihasilkan serta ditawarkan ke seluruh bagian dunia (Peter S. Rose, 7th editionm 2000).  Jadi dapat diartikan Sistem keuangan merupakan kumpulan (pasar, institusi, peraturan), teknik atau mekanisme sistem, surat berharga diperdagangkan, tingkat bunga ditentukan, jasa keuangan dihasilkan dan ditawarkan. 

Fungsi sistem keuangan
1.                  Media bertemu surplus dan deficit unit
Surplus unit adalah orang yang mengalami kelebihan dana, meliputi over cash, pengelolaan cash, return, opportunity cost, inflation factor.  Deficit unit adalah orang yang membutuhkan dana, meliputi under cash, pengelolaan struktur modal, optimalisasi peluang, efisiensi sumber daya, sustainability dan skala bisnis.
2.                  Akses likuiditas atau modal
Efisiensi cost of capital (COC) yang meliputi alternative dan kondisi ekonomi
Fleksibilitas pendanaan meliputi kebutuhan dan siklus cash flow.  Beragamnya alternative pendanaan meliputi bentuk ekuitas, bentuk utang, fleksibilitas, inovasi pendanaan.
3.                  Memperlancar kegiatan ekonomi dan transaksi keuangan melalui efisiensi aliran dana, efektivitas aliran dana dan fleksibilitas aliran dana
4.                  Pengelolaan aktiva dalam hal ini menyangkut antara lain:
Optimalisasi aktiva meliputi opportunity cost, dan kontribusi pendapatan
Lindung nilai aktiva meliputi inflation factor dan exchange rate
5.                  Pengelolaan aktiva, dalam hal ini menyangkut penyediaan alternative pendanaan, berkumpunya dana dari alternative unit, meminimalisasi cost of capital, flexibilitas dalam penganggaran.
6.                  Diversifikasi dana dan resiko, menyangkut penyediaan alternative investasi, optimalisasi return, flexibilitas dalam investasi, diversivikasi terhadap resiko dalam hal ini resiko yang tidak sistematis.
7.                  Distribusi kontribusi ekonomi
Distribusi kontribusi ekonomi dapat digambarkan dalam prosperty cycle, yaitu sebagai penyedia dana, dengan adanya dana dapat membantu bisnis untuk berkembang secara optimal, bisnis yang optimal membantu dalam pertumbuhan ekonomi suatu Negara, dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi tentu akan berdampak pada meningkatnya pendapatan masyarakat, dengan meningkanya pendapatan daya beli masyarakatpun akan meningkat, daya beli masyarakat yang tinggi dapat menumbuhkan kinerja dalam perusahaan mengingat permintaan konsumen juga meningkat.
8.                  Media simulasi ekonomi
Kebijakan moneter meliputi interest rate policy, operasi pasar terbuka, jumlah uang beredar, inflasi, stabilisasi nilai tukar, mempercepat ekselerasi stimulasi, memperluas coverage stimulasi

Sistem keuangan dalam perekonomian memiliki sekurang-kurangnya 7 fungsi pokok, yaitu:
Fungsi tabungan (savings function)
Sistem keuangan menyediakan suatu mekanisme dan instrumen tabungan, misalnya: obligasi, saham dan instrumen lain yang diperjualbelikan di pasar uang dan pasar modal yang dapat memberikan pendapatan bagi pemiliknya. Dana dari kepemilikan instrumen-instrumen tersebut pada akhirnya dapat dipergunakan kembali untuk melakukan investasi dalam produksi barang dan jasa yang pada akhirnya dapat memacu kegiatan perekonomian lebih baik lagi.
Fungsi kekayaan (wealth function)
 Suatu sistem keuangan menyediakan instrumen keuangan yang dapat menyimpan dana yang berlebih dari masyarakat dalam bentuk obligasi, saham, surat utang negara, dan instrumen lain, dimana nilai instrumen-instrumen ini tidak akan berkurang malah akan memberikan pendapatan yang tidak sedikit bagi pemiliknya. Bandingkan apabila uang yang dimiliki dipergunakan untuk membeli mobil sebagai pilihan dalam menyimpan harta, nilai mobil tersebut akan berkurang dari waktu ke waktu akibat mengalami penyusutan.
Fungsi likuiditas (liquidity function)
 Kekayaan yang disimpan dalam bentuk instrumen keuangan dapat dikonversi menjadi kas atau uang tunai dengan cepat dan resiko yang kecil, apabila sang pemilik instrumen membutuhkan uang tunai. Uang yang disimpan di bank dapat mengalami penurunan nilai akibat terjadinya inflasi, dan juga hasil yang diberikan dari tabungan dana di bank relatif kecil bila dibandingkan dengan instrumen keuangan di pasar-pasar keuangan.
 Fungsi kredit (credit function)
Pasar keuangan disamping menyediakan likuiditas dan memfasilitasi arus dana tabungan, juga menyediakan fasilitas kredit untuk membiayai kebutuhan konsumsi dan investasi. Konsumen membutuhkan kredit untuk membeli barang-barang, misalnya rumah dan mobil. Sedangkan sektor usaha membutuhkan kredit untuk membiayai produksi dan investasi yang dilakukan.  
Fungsi pembayaran (payment function)
Sistem keuangan juga menyediakan instrumen untuk melakukan mekanisme pembayaran atas transaksi barang dan jasa. Instrumen yang biasa digunakan antara lain: cek, giro, kartu kredit dan kartu debit. Jasa-jasa yang ditawarkan oleh pihak bank dewasa ini sangat bervariasi dalam hal jasa pembayaran, misalnya: kliring, transfer elektronik, phone banking, dan banyak lagi. Mekanisme pembayaran atau transfer secara on line menjadi suatu trend baru yang dilakukan oleh pihak perbankan, dan juga dapat menjadi suatu alternatif bagi perbankan dalam memperoleh pendapatan dan meningkatkan fee base income mereka.                    
Fungsi resiko (risk function)
Sistem keuangan dewasa ini memberikan/menawarkan proteksi terhadap jiwa, kesehatan, harta, dan resiko kerugian terhadap semua unit usaha dan konsumen. Polis asuransi diberikan oleh perusahaan asuransi yang memberikan proteksi terhadap kemungkinan hilangnya penghasilan nasabah mereka.

B.                 ARTI PENTING SISTEM KEUANGAN DALAM SISTEM EKONOMI
Sistem Keuangan Vs Sistem Ekonomi
1.                  pembangunan ekonomi membutuhkan institusi bisnis dan masyarakat
2.                  institusi bisnis dan masyarakat membutuhkan dana (deficit unit)
3.                  pemerintah tidak bisa menyediakan dana sendirian
4.                  institusi bisnis dan masyarakat memiliki dana lebih (surplus unit)
5.                  deficit units membutuhkan dana dan bersedia mengeluarkan COC
6.                  surplus unit bersedia mengeluarkan dana dan meminta return
7.                  sistem keuangan sebagai mediator aliran
8.                  cycle of interest.

Sistem keuangan dan manajemen investasi
Cycle of interest:  sitem keuangan dapat memanfaatkan alternative investasi yang tersedia.  

C.                 SUB SISTEM KEUANGAN
Pasar keuangan
1.                  Pasar uang meliputi instrumen keuangan jangka pendek, menawarkan likuiditas, instrumen hutang yang hanya diterbitkan seperti SBI, certificate deposito, dsb
2.                  Pasar modal meliputi instrumen keuangan jangka panjang, ekuitas dan instrumen utang, instrumen derivative seperti indeks, dan portofolio.
3.                  Pasar utang meliputi instrumen jangka pendek dan instrumen jangka panjang
4.                  Pasar valas meliputi likuiditas valas dan lindung nilai (hedging)

Instrumen Keuangan
1.                  Berdasarkan wujudnya
·     Ekuitas
·     Utang:  utang jangka pendek meliputi commercials paper (CPs), certificate deposito (CDs), SBI, Promisory Notes (promes), SPN.  Utang jangka menengah meliputi medium term note (MTN), dsb.  Utang jangka panjang meliputi obligasi, SUN, SBSN (surat berharga syariah Negara)
·     Portofolio
2.                  Berdasarkan jangka waktunya meliputi jangka pendek, menengah, dan panjang
3.                  Berdasrkan tempat transaksi
·        Pasar uang meliputi SBI, CPs, CDs, dsb
·        Pasar modal meliputi ekuitas, obligasi, SUN
·        Agen penjual meliputi Reksadana, unitlink (asuransi yang bisa dibuat investasi)
4.                  Berdasarkan penerbit (emiten)
·        Pemerintah meliputi otoritas moneter seperti SBI, otoritas fiscal seperti SUN, SPN, SBSN, dsb
·        Korporasi meliputi BUMN serperti ekuitas surat utang portofolio (perusahaan sekuritas BUMN), Swasta seperti ekuitas surat utang portofolio
Sitem keuangan juga terdapat imlikasi atau hubungan denga otoritas moneter dalam suatu Negara yang terbagi dalam 3 fungsi yaitu:
1.                  Stabilitas ekonomi makro, dimana terletak pada pengendalian inflasi, jumlah uang beredar, nilai tukar, serta stimulasi pertumbuhan ekonomi.
2.                  Mendukung aktivitas ekonomi, lebih pada media transaksi keuangan, efisiensi dan efektivitas transaksi keuangan.
3.                  Stabilitas keuangan dan sistem keuangan
Selain dengan otoritas moneter sistem keuangan juga berpengaruh terhadap otoritas fiscal dalam hal optimlisasi penerimaan Negara, ekstensifikasi penerimaan Negara, memperlancar laju kegiatan ekonomi.
Dalam interaksi sistem keuangan dalam kegiatan ekonomi terdapat pihak-pihak yang terkait dalam interaksi tersebut serta bentuk interaksi dari sistem keuangan, adapun pihak yang terkait dalam interaksi sistem keuangan adalah:
1.                  Secara tidak langsung terdapat otoritas moneter, dan stimulus serta pengaruh.
2.                  Secara langsung terdapat pihak dari surplus unit dan deficit unit

Sedangkan bentuk dari interaksi dalam sistem keuangan terbagi dalam 3 bentuk yaitu:
1.                  Supply paper asset menyangkut aliran paper aset, dana, serta return dari pihak deficit unit kepada surplus unit.
2.                  Demand paper aset menyangkut aliran dana dan return dari pihak surplus unit kepada deficit unit.
3.                  Antar investor menyangkut aliran dana penjualan dan pembelian serta capital gain/ loss.
Stabilitas dalam sistem keuangan sangat dibutuhkan mengingat pengaruhnya yang begitu besar terhadap kegiatan ekonomi suatu Negara. Kebutuhan akan stabilitas sistem keuangan terkait dengan aktivitas makro ekonomi menyangkut pengendalian terhadap inflasi, nilai tukar, jumlah uang beredar sebagai resiko sistematis dalam kegiatan perekonomian Negara. Selain itu, stabilaitas ekonomi sistem keuangan merupakan hak public sebagai subjek dan obyek dari kegiatan perekonomian karena itu stabilitas sistem keuangan sangat penting karena secara tidak langsung akan membawa dampak pada public seperti multiplier effect.
Seiring berjalannya waktu dan majunya tatanan perekonomian dunia, sistem keuangan tak lepas dari dinamika yang terjadi baik dari internal Negara maupun pengaruh dari luar secara global. Mengiengat sistem keuangan suatu Negara suadah berjalan lintas Negara yang dampaknya akan sangat fatal jika tidak memiliki perhitungan yang matang akan hal tersebut. Adapun yang mempengaruhi dinamika sistem keuangan adalah:
1.                  Integrasi sistem keuangan dunia
2.                  Inovasi keuangan yang massif
3.                  Senstifikasi sistem keuangan
4.                  Kebijakan dan regulasi yang berlaku
 DAFTAR RUJUKAN

Fabozzi, Frank J., Modigliani, Franco &  Ferri, Michael G.  1999. Pasar dan Lembaga Keuangan. Buku satu. Jakarta: Salemba Empat
Hartono, Jogiyanto. 2009. Teori portofolio dan analisis investasi. Edisi Keenam. Yogyakarta: BPFE
Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti. 1996. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP AMP YKPN
Kasmir. 2004. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Keenam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Samsul, Mohammad. 2006. Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Jakarta: Erlangga.
Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi: Teori dan Aplikasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: KANISIUS.
www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar